Sejarah Akparnas Banjarmasin Utama

user image Akparnas Banjarmasin Diupload 29 Apr 2017

Akademi Pariwisata Nasional, disingkat AKPARNAS didirikan pada tanggal 7 Mei 2003. Secara organisatoris, AKPARNAS di bawah pembinaan Yayasan Pendidikan Bandarmasih Banjarmasin, dengan Akte Notaris Muhammad Faried Zain, SH, Nomor 38 Tahun 1997. AKPARNAS didirikan sebagai respon Yayasan Pendidikan Bandarmasih terhadap keinginan para Manajer Hotel khususnya di Banjarmasin, untuk meningkatkan profesional para karyawan di Bidang Perhotelan dan Pariwisata. Untuk mewujudkan keinginan itu, Yayasan Pendidikan Bandarmasih kemudian membentuk Tim Pengembang AKPARNAS, yang tugasnya antara lain menyiapkan pendirian AKPARNAS.
Pada tanggal 27 April 2002 Ketua Yayasan Pendidikan Bandarmasih, DR. H. Riduan Iman, bertempat di Rumah Makan Prambanan, jalan Pembangunan, secara resmi menyampaikan rencana pendirian AKPARNAS dihadapan tamu undangan, antara lain Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel, PHRI, HPI, FPK, Manajer-manajer Hotel, Pengurus Yayasan dan Dosen-dosen STIE Nasional. Pertemuan tersebut mendapat respon positif dan hasilnya semua tamu undangan mendukung rencana pendirian.
Untuk memperoleh pemahaman yang komperehensif tentang pendirian Akademi Pariwisata ini, Sekretaris Yayasan Pendidikan Bandarmasih, DR. Wahyu, MS, pada akhir Juli 2002 melakukan studi banding ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR YAPARI–AKTRIPA) di Bandung. Dari studi banding tersebut paling tidak memperoleh pengetahuan tentang cara pengelolaan akademi yang menyelenggarakan pendidikan profesional / keahlian di bidang Perhotelan dan Pariwisata, terutama aspek kurikulum, dosen, pengelolaan laboratorium dan praktek kerja mahasiswa.
Selanjutnya, setelah mendapat saran dari Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan serta hasil studi banding dari STPB dan STIEPAR di Bandung, kemudian Yayasan Pendidikan Bandarmasih mengajukan usulan kembali rencana pendirian AKPARNAS kepada Dirjen Dikti pada tanggal 12 September 2002. Dalam waktu yang singkat, Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan dengan surat Nomor: 2163/02/2002, tanggal 27 September 2002 telah menerbitkan surat tentang pertimbangan pendirian AKPARNAS, dan disarankan Yayasan Pendidikan Bandarmasih untuk melengkapi lagi berkas / usulan pendirian secara cermat dan teliti serta memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Atas dasar saran itu, Yayasan Pendidikan Bandarmasih melengkapi kembali data yang diperlukan agar penilaian dapat lebih sempurna.
Pada tanggal 13 Maret 2003, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Program Diploma (P4D) Dirjen Dikti, dengan surat Nomor: 208/P4D/U/Wakep/III/2003, telah menerbitkan surat rekomendasi yang isinya bahwa pendirian Program Studi D3 Perhotelan pada Akademi Pariwisata Nasional (AKPARNAS) Banjarmasin Yayasan Pendidikan Bandarmasih, dinilai telah memenuhi kelayakan operasional. Untuk itu mohon kesediaan Bapak melanjutkan proses usulan tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku. Atas dasar surat rekomendasi itu, dan selang dua bulan, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi atas nama Menteri Pendidikan Nasional, dengan surat Nomor: 57/D/O/2003, tanggal 7 Mei 2003, telah menerbitkan Surat Keputusan tentang Pemberian Ijin Pendirian AKPARNAS dan penyelenggaraan Program Studi Usaha Wisata Diploma III dan Program Studi Perhotelan Diploma III. Dengan demikian, AKPARNAS ini berdiri sejak tanggal 7 Mei 2003, dan setiap tanggal 7 Mei ditetapkan sebagai Dies Natalis (hari jadi) AKPARNAS.

Kategori Artikel

Browse Artikel Berdasarkan Kategori

Google Map

Google Map Akparnas Banjarmasin